Jumat, 21 September 2012

"Memakai cara Tuhan"

Dalam Kitab Yesaya 30:15-16 tertulis
: “Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu."

Tetapi kamu enggan, kamu berkata: "Bukan, kami mau naik kuda dan lari cepat," maka kamu akan lari dan lenyap. Katamu pula: "Kami mau mengendarai kuda tangkas," maka para pengejarmu akan lebih tangkas lagi.

Firman di atas ditujukan untuk bangsa Israel yang memilih untuk mengandalkan bangsa Mesir dibandingkan taat dengan instruksi Tuhan untuk bertobat, tinggal diam, tinggal tenang, dan percaya kepadaNYA.

Sesungguhnya Firman tadi, bukan hanya untuk mereka. Karena seringkali kita juga seperti itu, terutama ketika menghadapi masalah. Kita panik, bingung, dan terburu-buru mencari solusi tanpa berdoa lebih dulu. Kita langsung menghubungi si A, si B, untuk bertanya dan meminta bantuan. Atau kita langsung melakukan C, dan D berdasarkan logika sendiri. Akhirnya, bukan solusi yang kita dapatkan, melainkan masalah baru. Dan kita menjadi lemah, kecewa, putus asa. Bahkan tidak sering kita mulai menyalahkan Tuhan.

“Mengapa Tuhan, ini terjadi kepadaku?”
“Mengapa Tuhan diam saja?”
“Mengapa Tuhan tidak mempedulikanku?”

Memang paling mudah melimpahkan kesalahan kepada pihak lain ketika kita harus diperhadapkan dengan masalah. Padahal kita lupa, bahwa kadang/seringkali masalah itu terjadi karena kesalahan kita sendiri, yang tidak mengandalkan Tuhan dalam proses penyelesaiannya.

Lewat ayat di atas, Tuhan ingin memberitahu kita hari ini bahwa dalam menghadapi permasalahan, harus dengan cara TUHAN yang jauh lebih sederhana. Mengapa sederhana? Karena Tuhan tahu kapasitas manusia ciptaanNYA. Tuhan seolah berkata, “Lakukanlah bagianmu, dan ijinkan Aku melakukan bagianKU.”

Apa saja cara TUHAN untuk kita pakai supaya mendapatkan solusi?

1. BERTOBAT
Karena terkadang masalah terjadi akibat dosa/pelanggaran yang kita lakukan. Jika demikian, solusinya adalah bertobat.

2. TINGGAL DIAM
Karena seringkali kesibukan mencari solusi justru membuat kita kehilangan kepekaan mendengarkan perintah/petunjuk Tuhan dalam menghadapi permasalahan. Itu sebabnya Tuhan meminta kita untuk “tinggal diam”, tanpa memikirkan solusi, melainkan berdoa saja dan menanti-nantikan pertolongan Tuhan dengan rendah hati.

3. TINGGAL TENANG
Karena dengan menjadi tenang, baru kita bisa berdoa kepada Tuhan. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa. (I Petrus 4:7b)

4. PERCAYA
Karena ketika kita percaya kepada Tuhan, maka Tuhan akan bertindak memberikan solusi di luar jalan pikiran manusia.
Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!" (Markus 9:23b)

Jadi, pakailah CARA TUHAN setiap kali kita menghadapi masalah. Andalkanlah hanya DIA!

Source: R/hmministry

Silahkan dibagikan, Tuhan Yesus mengasihi dan memberkati Anda selalu.
https://www.facebook.com/SAHABAT.DOA.YESUS
 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih Tuhan Yesus memberkati

ans!!